Custom Search
Laporkan jika ada link yang bermasalah
[ HOME ] [ FORUM ] [ JAVA ] [ JARINGAN KOMPUTER] [ OCEAN ] [ SEARCH ]

Wednesday, January 28, 2009

Pengertian Wireless ( jaringan Tanpa Kabel )

Pengertian Wireless
Wireless (Jaringan Tanpa Kabel) adalah koneksi suatu perangkat dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel (nirkabel).

macam-macam wireless adalah wireless PAN yaitu Personal Area Network yang terhubung dengan media tanpa kabel. Teknologi yang digunakan pada wireless PAN ini antara lain IrDA , infra red dan Bluetooth. wireless LAN Jaringan komputer yang terhubung melalui tanpa kabel. Local Area Network dari komputer dan peralatan lainnya yang berkomunikasi lewat sinyal radio atau gelombang cahaya. Sistem ini berguna apabila penyambungan lewat koneksi kabel atau serat optik cukup mahal atau untuk aplikasi koneksi bergerak. wireless CARD adalah Kartu yang digunakan untuk mendukung komputer bisa terhubung dalam suatu jaringan. Kartu ini biasanya digunakan pada notebook yang disebut dengan PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association). wireless bitmap Disingkat dengan WBMP. Format grafik yang terdapat dalam WAP. WBMP merupakan format yang mirip dengan format BMP.

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terbaik dalam menyikapi pembuatan jaringan yang tidak memungkinkan jika dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin melakukan koneksi untuk mendapat informasi atau melakukan komunikasi tetapi orang tersebut sedang berada diatas pesawat, maka dari itu jaringan wireless / tanpa kabel sangatlah diperlukan karena didalam pesawat tidak mungkin dipasang jaringan menggunkan kabel, mungkin juga tetapi sangat ribet dan memakan banyak tempat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit yang mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

No comments:

Post a Comment