Custom Search
Laporkan jika ada link yang bermasalah
[ HOME ] [ FORUM ] [ JAVA ] [ JARINGAN KOMPUTER] [ OCEAN ] [ SEARCH ]

Wednesday, January 28, 2009

Pengertian Topologi Dalam Jaringan

Pengertian Topologi Dalam Jaringan
TOPOLOGI adalah suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan satu kompoter dengan komputer lainnya sehingga membentuk suatu jaringan. topologi yang sering digunakan pada saat ini antara lain adalah topologi bus, topologi token ring, topologi star, dan topologi peer to peer. masing-masing dari topologi ini memiliki karakter yang berbeda dan mempunyai keuntungan / kerugian yang berbeda pula.
topologi bus mempunyai keuntungan antara lain kabel yang digunakan lebih sedikit, layout kabel lebih sederhana, mudah untuk dikembangkan. sedangkan kerugiannya adalah jika salah satu dari client rusak maka jaringan tidak dapat berfungsi, diperlukan repeater jika digunakan jarak jauh, analisa kerusakan sangat sulit dilakukan.
topologi tokenRING atau lebih sering dikenal dengan topologi Ring saja adalah suatu cara pembangunan jaringan yang menghubungan komputer satu dengan yang lainnya secara melingkar sehingga membentuk menyerupai lingkaran (ring), setiap perangkat kompter mempunyai tingkatan yang sama, data yang dikirimkan akan melewati tiap-tiap simpul sehingga setiap informasi yang diterima akan diperiksa apakah informasi tersebut untuknya ata bukan, jika benar informasi itu untuknya maka akan ditampilkan dan jika tidak maka informasi tersebut akan diteruskan ke simpul selanjutnya. keuntungannya adalah kabel yang digunakan sedikit. kerugiannya adalah sangant peka terhadap kerusakan, susah dalam pengembangan jaringan.
topologi star adalah metode dalam jaringan yang kontrol terpusat jadi semua data yang dikirim harus melewati pusat yang akan memilih mana client yang akan menerima informasi tersebut, server sebagai pusat dinamakan stasiun primer dan client disebut stasiun sekunder. keuntungan menggunakan topologi ini paling fleksibel, kontrol terpusat, mudah dalam mencari kerusakan, mudah dalam mengolah jaringan, perubahan stasiun sangat mudah. kerugiannya adalah kabel yang digunakan boros, perlupenanganan yang khusus, element sangat kritis dikarenakan kontrol terpusat pada HUB.
jaringan peer-to-peer network adalah suatu metode dalam jaringan yang komputernya biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1 atau 2 printer, peer disini artinya adalah rekan kerja karena dalam topologo ni yang paling penting adalah pengguna program,data dan printer digunakan secara bersama-sama.

No comments:

Post a Comment