Custom Search
Laporkan jika ada link yang bermasalah
[ HOME ] [ FORUM ] [ JAVA ] [ JARINGAN KOMPUTER] [ OCEAN ] [ SEARCH ]

Wednesday, January 28, 2009

Pengertian Internet

Pengertian Internet
Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global), Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi antar jaringan yang menggunakan internet, komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP (Transmission Control Protocol) yang berfungsi untuk memastikan apakah semua jaringan yang terkoneksi ke internet dapat bekerja, kemudian IP (Internet Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan suatu informasi atau data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP dapat diartikan secara umum yaitu protokol yang berfungsi untuk memilih jalur pengiriman data yang terdekat/terbaik, memastikan data sampai tujuan, memilih jalur alternatif jika suatu jalur tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway yang berfungsi untuk melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.
komputer yang terhubung ke jaringan internet berharap agar dapat saling bertukar informasi dengan komputer lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda.

No comments:

Post a Comment