Custom Search
Laporkan jika ada link yang bermasalah
[ HOME ] [ FORUM ] [ JAVA ] [ JARINGAN KOMPUTER] [ OCEAN ] [ SEARCH ]

Friday, January 30, 2009

ciri - ciri virus

suatu program dapa t dinamakan viru jika program tersebut mempunyai ciri-ciri berikut:
  1. mendapatkan informasi. virus memerlukan daftar nama file yang ada dalam komputer agar dapat menginfeksi program apa saja yang akan dia tulari, misal virus akan menginfeksi semua file berekstensi .doc kemudianmengumpulkan informasi diperlukan agar virus membuat data semua file, kemudian mencari file-file yang bisa ditulari.
  2. memeriksa program. misalnya virus bertugas menulari program berekstensi *.doc, dia harus memeriksa apakah file dokumen ini telah terinfeksi ataupun belum, karena jika sudah maka menularinya 2 kali.
  3. menggandakan diri. kemampuan mengandakan diri dengan cara menulari program lainnya. Suatu virus apabila telah menemukan calon korbannya maka ia akan mengenalinya dengan memeriksanya, kemudian untuk menularinyadengan cara menuliskan byte pengenal pada program/ file tersebut,dan seterusnya mengcopykan/menulis kode objek virus diatas file/program yang diinfeksi.
  4. mengadakan manipulasi. Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file/program. rutin ini umumnya digunakan untuk memanipulasi program ataupun mempopulerkan pembuatnya.
  5. Menyembunyikan diri. Kemampuan Menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana.

No comments:

Post a Comment