Custom Search
Laporkan jika ada link yang bermasalah
[ HOME ] [ FORUM ] [ JAVA ] [ JARINGAN KOMPUTER] [ OCEAN ] [ SEARCH ]

Monday, November 16, 2009

PENULISAN PROPOSAL TUGAS AKHIR

Format Kertas dan Margin
Kertas berukuran kuarto dengan margin kiri 4 cm, margin atas, bawah dan kanan 3 cm.
Penulisan
Laporan yang ditulis dengan komputer dengan font Times New Roman 12, spasi 1,5 . Listing program komputer ditulis dengan font Courier New 10 atau non proportional font dan berspasi 1. untuk istilah asing yang belum umum menggunakan Huruf miring (italic), untuk menegaskan istilah tertentu dan untuk menuliskan judul, bab dan sub bab menggunakan huruf tebal (bold) .
Isi Proposal
Proposal tersusun atas :
Cover; berwarna biru muda, soft cover buffallo paper, berisi berturut – turut dari atas;
‘judul rencana Tugas Akhir’
PROPOSAL TUGAS AKHIR
‘Lambang’ (5 inci x 5 inci)
OLEH
‘nama’
‘nim’
JURUSAN TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK
NAMA UNIVERSITAS
‘tahun’
Halaman Judul; bagian dalam setelah cover, isi sama dengan cover.
Halaman Persetujuan; halaman ini menjelaskan persetujuan pembimbing atas proposal Tugas Akhir yang telah dibuat.
Abstrak; berisi penjelasan secara singkat tentang latar belakang, tinjauan pustaka, sasaran, metodologi dan hipotesis yang diharapkan dalam Tugas Akhir yang akan dibuat.
Sistematika Penulisan Proposal Tugas Akhir
Bidang Ilmu
Sebutkan konsentrasi Tugas Akhir; sistem informasi, pemrograman web, algoritma , Taplikasi mobile, kecerdasan buatan, case tool, data mining, data base, jaringan, java programing, micro prosessor, sistem pakat , dll.
Uraikan singkat tentang tugas akhir yang akan dibuat, dijelaskan lebih mendetail daripada abstrak. Disini dikemukakan apakah merupakan studi literatur, membuat perangkat keras, membuat perangkat lunak atau mengadakan penelitian dibidang teknik elektro. Tulislah Tugas Akhir dilakukan, untuk mengungkapkan suatu gejala\konsep\dugaan, membuat prototype atau menerapkannya untuk suatu tujuan tertentu. Kemukakan hal – hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dibuatnya Tugas Akhir dengan topik ini. Kemukakan hal – hal yang dapat memberikan andil dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, industri, kelembagaan, ekonomi dll. Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diketahui lewat Tugas Akhir. Uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang diteliti, hipotesis yang akan diuji atau dugaan yang akan dibuktikan . Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi dan lingkup yang menjadi batasan penilitian.
Tinjauan Pustaka
Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari tugas akhir yang akan dibuat. Tinjauan pustaka merupakan teori, temuan dan bahan penilitian lain yang diperoleh dari acuan yang dijadikan landasan untuk melakukan tugas akhir yang akan dibuat. Tinjauan pustaka mengacu pada daftar pustaka, usahakan pustaka terbaru, relevan dan asli, misalnya text book, jurnal
ilmiah, internet.
Metode penelitian
Uraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci, uraian dapat mengikuti variabel dalam penelitian, model ayng digunakan, rancangan penelitian, teknik pengukuran dan analisis data, cara penafsiran dan pengukuran hasil penelitian, pendekatan yang digunakan, analisis informasi dan penyimpulan penelitian.
Jadwal Pelaksanaan
Buatlah diagram waktu mengenai pelaksanaan Tugas Akhir, misalnya berisi; persiapan, penelitian, pembuatan TA, perancangan, uji coba, pembuatan kesimpulan, pembuatan laporan, dll.
Daftar Pustaka
Berisi daftar pustaka yang digunakan dan di rujuk didalam proposal tugas akhir.

No comments:

Post a Comment